8/22/10

Nabung Yuuuuuk....

Sebelumnya aku mau bilang kalo postingan ini bukan bermaksud buat pamer ato sombong,,, tapi aku cuma mau share aja ke temen-temen,,,sapa tau bermanfaat...

Beberapa hari yang lalu aku smsan ma Ata Notonogoro,,,tau kan???? Kalo gak tau langsung aja meluncur ke http://atanotonogoro.blogspot.com/ ... Nah,,kita berdua waktu itu ngomongin masalah bisnis gtu... Nah,,,kmudian aku bilang ke dia,,,kalo aku berhasil nabung sesuai dengan postingan dia tentang perencanaan keuangan... Dia gak percaya,,, coz sebenernya postingan itu ditujukan buat pacar ma anak angkatnya gtu... Tapi beneran deh,,,gara-gara postingan itu membuatku semangat buat nabung...

Gmana bisa????? Jadi,,dalam postingan Ata itu dijelasin buat anak-anak sekolah,,kalo bisa nyisihin sebagian uang sakunya buat ditabung.. Jadi misalkan seminggu dapet uang jajan 100k,,maka yg 20k disisihin buat ditabung... Nah kalo sebulan kan jadi 80k.. Setahun bisa jadi 960k kan??? Lumayan banget tuh..

Nah,,kemudian aku berpikir,,,aku kan punya 2 buah rekening tuh di bank konvensional (fyi:aku bikin 2 rekening di 2 bank ini dikarenakan gajiku ditransfer ke 2 rekening tsb,,jadi bikin rekening bukan dimaksudkan buat nabung) Nah,,tiap bulan kan aku pasti ngliat histori transaksinya (pake internet banking,,,gak pernah ke bank soalnya jadi gak bsa print buku tabungan) Nah,,di situ aku liat ternyata bunga tabungannya itu lebih kecil dari biaya administrasinya... Lama-lama aku mikir,,,klo tiap bulan kaya gini,,,mending aku nabung di bawah kasur (maap,,bukan bermaksud ngajarin biar gak nabung di bank) tapi emang bener lho,,ada duit 3000k di bank itu belum tentu bunganya nutup biaya administrasinya lho.. Klo di bank yg aku punya rekeningnya itu tiap bulan biayanya 9k..

Karna itulah,,,skarang ini aku sering nabung dalam dompet (bukan dompet yg biasa dibawa ya,,jadi siapin dompet lain yg disimpen di lemari) Misalnya aja seminggu 100k kita sisihin buat masuk dompet itu,,,kan lumayan... Baru ntar klo udah lebih dari 3000k kita pindahin ke bank... Kalo aku,,, tiap dapet duit baru (duit yg masih mulus blum kelipet-lipet) pasti aku simpen di dompet itu,,,ntah itu pecahan 1k maupun 100k pasti aku simpen kalo duitnya baru... Dan lama-lama banyak juga lho...(Lumayan bisa buat ngasih angpau ke ponakan pas lebaran ntar..hehehe)

Nah,,ayo kita menabung.... Sehari 5k pun jadi... Ntar lama-lama juga banyak kok... Selamat menabung kawan...


Powered by Telkomsel BlackBerry®

18 comments:

  1. Riesta Riestaa... skrg blognya pindah ke sini ya? Pantesan kok yg This Is Real sudah lama bgt postingannya :D

    wah jd semangat mau buka blog perencana keuangan itu B-)
    ada buku bagus: Manajemen By Amplop, bonusnya tu ada 3 amplop: 1 amplop tabungan bulanan, 1 amplop investasi, 1 amplop tabungan tahunan
    di tiap amplop ada sekat2nya, misal yg bulanan ada sekat Duit Makan, Duit Transport, dll...
    bagus juga hehehe

    ReplyDelete
  2. weeww hebatt gajinya ditransfer ke 2 rekeningnya, suitsuiitt saya dapat angpao jg gak tante Riesta (digetok) :D

    siipp, akan mencoba menabung, sudah dari bln kmarin pengen nabung dicelengan tapi gk pernah terealisasi *klo didompet dan disimpen dalam lemari itu godaannya tinggiii Riest* :D

    ReplyDelete
  3. wahh jadi semangat nabung lagi nih...
    kemaren sempet nabung buat jalan2.
    dan jalan2nya gak jadii, uangnya gampang banget menyusut...

    hehehehe...

    ReplyDelete
  4. haha kok sama. dulu pas 2k baru muncul kalo dapet duit itu gak pernah aku gunain tapi aku simpen. ternyata sampe sekarang kalo diitung² aku dah dapet 400k. hoho. padahal itu 2k mua lho. wkwk.

    ReplyDelete
  5. semangat terus nabungnya... walau kadang kumat sifat boros :)

    Gak lama lagi ya hari H nya...pasti deh mulai banyak persiapannya...berarti gak lama lagi bakal absen di dunia blogger...

    1 pesanku...jangan lama2 absennya ya Res..berkurang teman 1 di dunia blogger gak enak rasanya ;)

    ReplyDelete
  6. kalo aku simpen di dompet, biasanya suka kepake jajan sih. uang lama atau baru ga ada bedanya. tergantung kemauan juga sih. tapi kayaknya sekarang harus mulai nabung. :)

    ReplyDelete
  7. iyah aku juga, skrg udah lumayan buat bikin usaha sendiri :)

    ReplyDelete
  8. wah,, dari dulu smpe skrg gak bisa yg namnya nabung,,hehehe... :) met malem ya ^^

    ReplyDelete
  9. Wah memank hidup itu kita perlu nabung biar punya bekal untuk nanti ? Trma ksh sharenya

    ReplyDelete
  10. Hehe, emang, biaya administrasinya bisa lebih mahal, apalagi kalo di bawah 5 juta.
    Dan ada satu manfaat nabung buat saya, bisa terhindar dari membelanjakan uang berlebihan untuk hal-hal gak penting. Kalo kebanyakan pegang cash, enak banget tuh ngeluarin uang.

    ReplyDelete
  11. ada tag buatmu di http://separonyolong.blogspot.com/2010/08/tag-mengendalikan-mimpi-shudai-ajlani.html

    tolong ambil ya..:)

    ReplyDelete
  12. huwaaaaa, mau dong dikasih nasehat manajemen keuangannya! aq parah...

    ReplyDelete
  13. xixixixi hampir sama jeng. Kalo aku uangnya d masukin k celengan. Abis klo d dompet bawaannya pengen nilep mulu sih :p. Dan aku batesin. Yang boleh masuk tu celengan cuman 10K ke atas, kebanyakan yang 50K sih. Ini udah berjalan hampir satu tahun...belum tau nih ada berapa. belum dbuka sih :D

    ReplyDelete
  14. pindah kesini blognya?
    wah2
    oke dah,,,
    lupa dah q follow belom ya

    ReplyDelete
  15. Siank Riesta.... maaf telat....

    Eum klo dipikir2 kayanya bener juga ya... potongan tiap bulan di bank yg aku naro uang aja 13 RB... kayanya sih emank mending taro dirumah tapi gmn ya.... kayanya lebih praktis klo taro di bank hhe......

    Semangat n happy blogging!!!

    ReplyDelete
  16. menabung huhuhu susah sekali menabung
    setiap bulan selalu habis gajiku :(( hiks

    ReplyDelete
  17. good idea nyimpen uang di dompet, tapi tetep waswas juga kalo ada tuyul. hehe.

    btw kalo aku dapet rejeki yang jumlahnya signifikan, lgsg aku deposito-in, biar ga keambil2 terus. pengalaman kalo tabungan biasa tetep aja susah nambahnya karena bisa diambil dgn mudah. ato kalo emang khusus bikin rekening tabungan, ga usah dipakein atm biar ga dibobol terus.. heheheh

    ReplyDelete
  18. aku akan mencobanya mbak,,
    pake dompet terpisahh,,

    *jadi pengen beli dompet,, hahahha

    ReplyDelete

thanks 4 coming
^_^