5/3/13

Vanilla Cupcake

Setelah dapet kado cupcake maker pas ulang taun kmaren,,, aku jadi smangat buat bikin cupcake... hampir tiap minggu pasti skarang bikin cupcake... Kaya anak kecil yang baru punya maenan baru deh pokoknya.. Pengennya dimaenin teruuuus... Walopun rasa cupcake nya biasa-biasa aja,,, tapi seneng lah pokoknya...

penampakan cupcake maker yang imut
bagian dalem si cupcake maker
Pokoknya alat ini bener-bener bikin cupcake jadi gampang banget deh... Dulu aku pernah bikin cupcake pake oven,, tapi gagal karna nggak bisa make ovennya.. Trus nyoba bikin cupcake dengan cara dikukus,,, bisa siiih,, tapiiii ngukusnya lama bener deh... Skali ngukus butuh waktu 20 menit,, mana panci kukusanku itu kecil,,jadi palingan cuma bisa muat 5 cupcake... Padahal skali bikin adonan cupcake jadinya bisa sampe 18 cupcake.. brarti kudu 4 kali ngukus,,,total waktu buat ngukusnya doang sejam lebih... Nah,, kalo pake alat ini,, gak nyampe 10 menit tuh cupcake udah jadi... Dan kita juga nggak perlu nyuci alat ini,,tinggal di lap beres deh... Tapi ada 1 kelemahan alat ini,, listriknya gede bangeeeet... 1200 watt aja gitu di tulisannya... Makanya kalo mau bikin cupcake semua colokan pada dicabut,,, cuma lampu ama kipas angin yang nyala.. Eh tapi dulu pernah ama tivi juga bisa dink...hehehe

Dan skaraaaang adalah saatnya pamer hasil jadi si cupcake yang bikinnya pake alat canggih ini... Hasilnya beda banget ama cupcake kukus yang pernah kubikin dulu...

percobaan pertama
percobaan kedua
Resepnya pun gampaaang bangeeet...
2 butir telur
175 gr tepung terigu
17.5 gr maizena
225 gr gula pasir
1 sdt vanilla bubuk
125 ml susu cair/UHT
0.5 sdm baking powder
garam dikit aja
115 gr mentega

Cara bikinnya terigu, maizena, gula ama garam dicampur trus tambahin menteganya kocok deh..pelan2 ya soalnya itu tepung jadi beterbangan...hehehe.. Abis itu baru deh tambahin telur, susu dan vanilla satu per satu ya... Kocok teruuus... 5 menitan cukup kali ya.. Trus tinggal masukin adonannya ke caupcake maker yg uda dialasin ama papercup... Tinggal tunggu sebentar jadi deh...hehehe

Itu topping nya yang di cupcake pertama cuma pake coklat yang dilelehin.. Yang kedua pake coklat rasa apel yang dilelehin trus dikasi kacang yang dicincang ama springkle (eh apaan ya namanya yang warna warni itu) 

Naaah,, gampaang bangeet kan bikinnya... Besok mau nyobain bikin cupcake rasa lain ah... Pengen nyobain red velvet cupcake,,tapi nggak punya pewarna merah ataupun bit...hehehe Apa bikin oreo cupcake aja ya?? Any idea???

16 comments:

  1. Wow... baru tahu aku ada cupcake maker...
    Tampilannya menarik, jadi pengen @.@
    Gak ada ide apa-apa aku mbak :P

    ReplyDelete
  2. wuuuu lucunya cupcake makernyaaa..
    pingin punya jugaaaaaaa

    ReplyDelete
  3. Sluurppp ngiler sama kuenya >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi,,,masih newbie bikin kuenya...

      Delete
  4. udah bisa buat dijual itu ries.... lumayan nambah2 duit rumah tangga. hihihi

    ReplyDelete
  5. Taa.. cakeeeep..
    beliin jg dong cupcake maker *loh :P

    ayo taa buka bakul kue juga, lumayan loh buat ngasah ilmu baking :D

    ReplyDelete
  6. Weee..lucunya ada cupcake maker. baru tau aku =)) *ndeso
    wattnya 1200 ries? ovenku yang 700watt aja belum aku pake sampe sekarang.. takut njengglek =)).
    kirim atuuh sekali2 hasil percobaannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kamu jadi tetanggaku pasti aku kirimin jeng...hehehehe

      Delete
  7. 1 resep berapa kali manggang tuh?

    secara alatnya cuma cukup 6 cup.

    listriknya jadi bikin kuenya mahal.

    tapi hasilnya cakeeebb

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku make resep di atas bsa 3x manggang mbak,,tapi karna cepet jadi nggak kerasa lama..hehehe

      Delete
  8. ihiiy, ada mainan baruu, ada kerjaan baru jga dooong ituu..

    saya juga suka cupcake, pernah buat juga tapi masih gagal di topingnya, niat mau bikin pake wippy cream malah jadi kayak bersalju, xixiix

    ayoo dong bikin oreo cupcake :D

    ReplyDelete
  9. Riestaa itu listriknya gede banget yak, padahal gw juga kepingin.

    ReplyDelete

thanks 4 coming
^_^